• Terima Kasih Sudah berkunjung... Selalu Request dan Subscribe ya :)

    Terima Kasih Sudah berkunjung... Selalu Request dan Subscribe ya :)

    Thursday, February 16, 2012

    Beginilah Kerja Alat penghemat BBM SMKN 2 Langsa

    Teknologi penghemat BBM dengan menggunakan gas hidrogen yang dipecah dari molekul air memang bukan teknologi baru. Namun tidak ada yang praktis seperti yang digarap siswa SMK 2 Langsa Aceh.

    Demikian klaim Kepala Sekolah SMK 2 Langsa Aceh Makmur Lingga di kantor detikcom, Jalan Warung Buncit, Jakarta, Jumat (10/2/2012).

    "Banyak yang menyangka ini teknologi baru padahal bukan, teknologinya sudah lama, namun tidak berkembang. Itu memang sengaja ditahan, tetapi yang pasti seluruh dunia sedang mengembangkan ini," ujarnya.

    Jika kita melakukan penelusuran singkat di internet, riset tentang gas hidrogen sebagai bahan bakar sangat banyak. Sebut saja gas Brown, atau HHO. Di pasaran lokal pun sebenarnya sudah banyak yang mengeluarkan alat ini.

    "Di seluruh dunia dikenal HHO, gas Brown, di seluruh dunia ada, cuma belum ada yang seditel ini," ujar Win Wan Nur, peneliti jebolan Universitas Syah Kuala dari Green Energy Institute yang mendampingi SMK 2 Langsa mengembangkan alat pengirit BBM ini.

    Teknologi hidrogen ini menurutnya sudah open source, siapa pun bisa mengembangkannya. "Karena ini kan dikembangkan oleh Stanley Meyer, yang ketika meninggal, diwasiatkan teknologi ini jangan dipatenkan agar bisa dikembangkan dan kita salah satunya yang mengembangkan," ujarnya.

    "Kenapa menggaet SMK, karena untuk aplikasi ke mobil butuh keahlian anak SMK ada otomotif, listrik, mekanik dan lainnya," ujarnya.

    Sebenarnya bagaimana cara kerja generator gas hidrogen dari air yang dinamai WaVe++SMK? WaVe sendiri merupakan singkatan dari Water as a Vehicle's Fuel, mengacu pada fungsi alat tersebut yang menjadikan air sebagai bahan bakar.

    Intinya gas hidrogen yang dihasilkan dari pemecahan molekul air akan masuk bersama ke intake manifold mesin.

    Di ruang bakar mesin yang biasanya hanya ada udara kini bercampur dengan hidrogen, dengan angka oktan yang tinggi dari hidrogen, piston di ruang bakar pun akan bergerak lebih cepat dan membuat pembakaran lebih sempurna dan emisi pun rendah.

    "Gas hidrogen ini kan oktannya tinggi bisa 130, tapi sebenarnya harus ada perhitungan lain karena oktan itu kan perbandingan karbon, hidrogen dan oksigen. Ini gas hidrogen HHO ini tidak ada karbonnya, tetapi karena oktannya tinggi membantu bahan bakar terbakar lebih sempurna, biasanya kalau oktan rendah, minimal 30 persen bahan bakarnya menjadi emisi. Tetapi kalau ini bahan bakar habis, maka emisinya turun," paparnya.

    Beberapa pengguna yang sudah menjajal WaVe++SMK mendapati jarak tempuh kendaraannya bisa naik sampai 2 kali lipat.

    "Rata-rata pengguna WaVe++SMK mendapatkan jarak tempuh liter per kilometernya antara 40-60 persen," ujar Makmur.

    No comments:

    Post a Comment

    PPC Iklan Blogger Indonesia

    AVG Anti-Virus 2016

    AVG Anti-Virus 2016
    Perlindungan gratis esensial yang tidak akan mengecewakan Anda. Dapat diinstal dengan cepat. Melindungi selamanya.

    Download SMADAV 11.0 - 2016

    Download SMADAV 11.0 - 2016
    Smadav adalah antivirus untuk proteksi tambahan komputer Anda, proteksi 100% USB Flashdisk, dan pembersihan tuntas virus yang menyebarluas.

    Statistik Pengunjung