• Terima Kasih Sudah berkunjung... Selalu Request dan Subscribe ya :)

    Terima Kasih Sudah berkunjung... Selalu Request dan Subscribe ya :)

    Thursday, February 16, 2012

    SMKN 2 Langsa Minta Bantuan Jusuf Kalla !!

    Siswa SMKN 2 Langsa, Aceh, ingin terus mengembangkan alat pengubah air jadi bahan bakar. Sehingga nantinya kendaraan bisa menggunakan 100 persen air sebagai bahan bakar. Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) rencananya akan diminta bantuan untuk membantu mengembangkan.
    "Kami berencana meminta bantuan Pak JK, karena Pak JK itu kan sangat membumi. Sehingga kami rasa beliau mau membantu," ujar Kepala Sekolah SMKN 2 Langsa, Makmur Lingga, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (9/2/2012).
    Menurut Makmur, staf JK telah mengetahui kabar anak-anak SMK yang telah membuat alat pengubah air jadi bahan bakar kendaraan roda 4 dan lebih. Dia berharap hal itu memudahkan dirinya untuk bertemu JK dan bisa mempresentasikan hasil karya anak-anak SMK itu.
    "Dana riset selama ini dari lembaga luar. Pernah minta ke Direktorat SMK, tapi katanya nggak ada karena SMK tidak hanya di Langsa. Jadi kita cari sendiri. Kita juga tidak boleh terlalu bergantung, harus mandiri," sambung Makmur.
    Alat bernama WaVe++SMK ini bisa dipasang di kendaraan beroda 4, 6, dan 12. Untuk mobil yang memiliki roda empat harganya Rp 3,8 juta. Sedangkan WaVe++SMK untuk bus atau truk harganya Rp 4,9 juta. Namun alat ini belum diproduksi secara massal.
    "Ini masih belum 100 persen air, baru sekitar 50 persen. Air masih belum jadi bahan bakar langsung. Ke depannya kami ingin mengembangkan bisa air 100 persen jadi bahan bakarnya," tutur Makmur.
    Makmur dan para siswa di SMKN 2 Langsa saat ini juga tengah mengembangkan listrik dari gelombang air laut. Mungkin bukan sesuatu yang baru, namun hal ini tetap menjadi sesuatu yang positif bagi para siswa.
    "Tamatan kita yang sudah disertifikasi dipekerjakan di bengkel mobil, sepeda motor, perakitan komputer sekolah. Karena kita tujuannya ingin mandiri," ucap Makmur.
    WaVe++SMK terdiri dari 5 komponen yakni generator gas, filter, kontrol elektrik, tangki air, dan pengaturan tegangan. Bahan-bahan utama pembuat alat itu adalah stainless steel.
    Menurut Makmur, dengan 600 ml air bersih bisa digunakan kendaraan roda empat dan bahkan lebih untuk melaju hingga daya tempuh 2.000 km. Ketika air habis, bisa diisi dengan air biasa.
    Alat ini diklaim tak hanya membuat bahan bakar utama awet, tetapi juga memperbaiki emisi mesin. Sehingga alat ini mampu mengurangi emisi sebanyak 20 hingga 60 persen.

    No comments:

    Post a Comment

    PPC Iklan Blogger Indonesia

    AVG Anti-Virus 2016

    AVG Anti-Virus 2016
    Perlindungan gratis esensial yang tidak akan mengecewakan Anda. Dapat diinstal dengan cepat. Melindungi selamanya.

    Download SMADAV 11.0 - 2016

    Download SMADAV 11.0 - 2016
    Smadav adalah antivirus untuk proteksi tambahan komputer Anda, proteksi 100% USB Flashdisk, dan pembersihan tuntas virus yang menyebarluas.

    Statistik Pengunjung